Golf Science - A man golfing

HEALTH SCIENCE

Jangan nilai kesehatan Anda berdasarkan naluri belaka. Gunakan data yang aktual untuk mengetahui kondisi tubuh Anda yang sesungguhnya.

Denyut Jantung

Apa yang dimaksud dengan denyut jantung dan apa yang bisa ketahui dari hal tersebut?

Denyut jantung adalah frekuensi detak jantung per menit. Dengan menghitung denyut jantung, Anda dapat mengukur intensitas olah raga serta memahami kesehatan Anda dengan jelas dan cara yang nyaman. Sebagai parameter vital di tubuh Anda, denyut jatung berbeda-beda, karena ini ditentukan oleh usia, jenis kelamin, dan karakteristik fisik lainnya. Umumnya, denyut jantung orang dewasa normal saat istirahat berkisar antara 75 detak per menit (bpm) (antara 60 - 100 bpm).

Umumnya, denyut jantung orang dewasa normal saat istirahat berkisar antara 75 detak per menit (bpm) (antara 60 - 100 bpm).

Variabilitas Denyut Jantung (HRV)

Tahukah Anda bahwa denyut jantung Anda tidak selalu berpacu dengan ritme yang stabil?

Variabilitas Denyut Jantung (HRV) adalah variasi jeda antara setiap detak jantung Anda.

Jantung Anda tidak berdetak dengan kecepatan yang sama seperti metronom. Sebenarnya, variasi detak jantung adalah hal yang normal dan sehat. Data HRV dapat digunakan untuk mengukur indikator fisik seperti stres, body battery, konsumsi oksigen maksimum (VO2 maks) dan ambang laktat. Perangkat yang dilengkapi dengan teknologi denyut jantung optik Garmin juga dapat menggunakan HRV untuk menilai kualitas tidur Anda.

Variabilitas Denyut Jantung (HRV)

Untuk memahami cara Garmin menggunakan HRV saat memberikan informasi kesehatan yang akurat kepada pengguna, kita perlu mengetahui mengapa denyut jantung kita berubah dalam keadaan yang berbeda.

Jantung dikendalikan oleh sistem saraf otonom (ANS). Sistem ini mengatur fungsi tubuh yang tidak dikendalikan secara sadar. ANS memiliki dua bagian utama: sistem saraf simpatis dan sistem saraf parasimpatis. Jika Anda mengalami stres, sistem saraf simpatis menjadi aktif. Ini membuat ANS dalam kondisi siaga. Sebaliknya, sistem saraf parasimpatis bekerja ketika tubuh dalam keadaan istirahat dan bebas dari bahaya, serta beraktivitas dalam suasana yang lebih santai. Artinya, ketika sistem saraf simpatik aktif, denyut jantung Anda biasanya akan meningkat dan akan berdetak dengan tempo yang lebih konsisten. Ini sejalan dengan penurunan variabilitas denyut jantung.

Sebaliknya, ketika sistem saraf parasimpatis aktif, denyut jantung Anda melambat. Jika kebutuhan fisik tubuh Anda terpenuhi, jantung Anda tidak perlu berdetak terlalu sering, dan detaknya jadi kurang teratur dan berbeda-beda dibandingkan dengan kondisi stres. Dengan kata lain, variabilitas denyut jantung Anda telah meningkat. Karena hubungan ini, mengukur HRV adalah cara yang ideal untuk melacak interaksi antara dua bagian sistem saraf otonom Anda dan menilai tingkat stres tubuh Anda. HRV yang lebih tinggi menandakan stres yang lebih rendah.

Bagaimana cara Garmin mendeteksi denyut jantung?

Saat memakai perangkat yang dilengkapi dengan denyut jantung optik Garmin Elevate, Anda dapat terus melacak denyut jantung 24 jam sehari. Perangkat langsung mendeteksi dan menampilkan denyut jantung Anda saat itu, dan dengan menggunakan aplikasi Garmin Connect, Anda dapat melihat data jangka panjang untuk mengidentifikasi tren dan lebih memahami kesehatan Anda.

Denyut Jantung Perangkat langsung mendeteksi dan menampilkan denyut jantung Anda saat itu, dan dengan menggunakan aplikasi Garmin Connect, Anda dapat melihat data jangka panjang untuk mengidentifikasi tren dan lebih memahami kesehatan Anda.

Tingkat Pernapasan

Tingkat pernapasan mengukur jumlah rata-rata napas Anda setiap menit (brpm) setiap hari. Hal ini mencakup pelacakan setiap inhalasi dan ekshalasi dengan menggunakan teknologi denyut nadi optik. Tingkat pernapasan yang rendah saat tubuh Anda beristirahat biasanya merupakan tanda kesehatan yang baik. Orang dewasa saat istirahat biasanya akan mencatat tingkat pernapasan antara 12 hingga 20 brpm.

Jika tingkat pernapasan Anda saat istirahat lebih tinggi atau lebih rendah dari rata-rata, itu menunjukkan potensi masalah kesehatan atau kualitas udara.

Tingkat pernapasan mengukur jumlah rata-rata napas Anda setiap menit (brpm) setiap hari. Hal ini mencakup pelacakan setiap inhalasi dan ekshalasi dengan menggunakan teknologi denyut nadi optik. Orang dewasa saat istirahat biasanya akan mencatat tingkat pernapasan antara 12 hingga 20 brpm.

Pelacakan Stres

Apa yang ditunjukkan oleh data stres?

Data tingkat stres diambil dari HRV Anda. Pengalaman stres memengaruhi aktivitas jantung kita. Secara umum, HRV yang lebih rendah adalah petunjuk bahwa tubuh Anda mengalami stres. Demikian pula, HRV yang lebih tinggi menunjukkan penurunan tingkat stres, atau bahwa Anda kini lebih mampu mengatasi stres. Pelatihan, aktivitas fisik, tidur, asupan gizi, dan tekanan sehari-hari semuanya dapat memengaruhi tingkat stres Anda.

Tingkat stres dihitung pada skala dari nol sampai 100. Skor dari nol hingga 25 menunjukkan tingkat stres yang rendah, 26 hingga 50 menunjukkan tingkat stres sedang, 51 hingga 75 menandakan tingkat stres yang tinggi dan 76 hingga 100 mewakili tingkat stres yang sangat tinggi. Fungsi ini dapat membantu Anda memahami tingkat stres harian Anda dan membuat penyesuaian tepat waktu untuk selalu bisa mengendalikan stres.

Pelacakan Stres Pelacakan Stres

Ketika skor stres Anda melebihi 50, Anda dapat…

  1. Berdiri dan berjalan-jalan. Tutup mata dan ambil napas dalam-dalam.
  2. Istirahatkan pikiran Anda, mungkin Anda bisa mendengarkan musik.
  3. Mandi dari pancuran/mandi atau tidurlah, agar tubuh Anda punya kesempatan untuk memulihkan diri.

Tingkat stres yang tepat membantu hidup kita jadi lebih baik, tetapi stres yang berlebihan dapat merusak kesehatan kita. Tidak ada jawaban yang pasti tentang caranya menghilangkan stres, Anda perlu mencoba berbagai pendekatan untuk menemukan cara yang cocok.

stress score

Body Battery

Body Battery menganalisis HRV, tingkat stres, kualitas tidur dan tingkat aktivitas harian untuk mengukur simpanan energi fisik pribadi pengguna.

Ini ditampilkan dengan menggunakan skala energi dari nol hingga 100. Semakin besar skornya, semakin besar pula simpanan energi yang akan Anda gunakan untuk kegiatan hari itu. Jika nilainya terlalu rendah, itulah tanda bahwa Anda perlu istirahat.

Body Battery dapat membantu pengguna untuk mengelola aktivitas sehari-hari, jika skor Anda lebih tinggi itu berarti Anda memiliki energi fisik dan mental yang cukup untuk menguji tubuh Anda. Jika skor lebih rendah, mungkin Anda sebaiknya beristirahat. Dengan melacak skor Body Battery, Anda dapat meningkatkan rutinitas harian Anda. Misalnya, jika Body Battery Anda rendah di pagi hari, Anda dapat meninjau data aktivitas hari sebelumnya untuk menganalisis mengapa Anda kekurangan energi.

Body Battery Body Battery

Pulse Ox (SpO2)

Perangkat Garmin menggunakan sensor Pulse Ox untuk menghitung saturasi oksigen darah. Pulse Ox adalah salah satu teknologi yang paling dapat diandalkan untuk mendeteksi saturasi oksigen darah. Sistem kardiovaskular kita bertanggung jawab untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh kita. Saturasi oksigen darah (Sp02) merupakan indikator berharga untuk fungsi kesehatan dan fisiologis. Dengan melacak saturasi oksigen darah Anda, Anda dapat lebih memahami kondisi tubuh Anda. Menurut Mayo Clinic, tubuh yang beristirahat di permukaan laut harus memiliki saturasi oksigen darah antara 95 hingga 100 persen. Angka di bawah 90 persen dianggap sangat rendah.

Pulse Ox (SpO2) Pulse Ox (SpO2)

Jika Anda beraktivitas di puncak gunung atau ketinggian, SpO2 dapat membantu Anda menilai aklimatisasi tubuh Anda, dan melacak peningkatan atau penurunan saturasi oksigen darah Anda saat ketinggian Anda berubah. Dengan memantau perubahan SpO2 selama tidur, kita dapat mengidentifikasi gangguan tidur, dan dengan melacaknya saat bangun, kita dapat memahami kinerja fisik tubuh kita dalam semua jenis kondisi, sehingga Anda dapat melacak tren jangka panjang kesehatan pribadi Anda.

Pulse Ox (SpO2) Menurut Mayo Clinic, tubuh yang beristirahat di permukaan laut harus memiliki saturasi oksigen darah antara 95 hingga 100 persen. Angka di bawah 90 persen dianggap sangat rendah.

Pemantauan Tidur Tingkat Lanjut

Advanced Sleep MonitoringTeknologi pemantauan tidur menganalisis denyut jantung, HRV, oksigen darah, respirasi, dan data tingkat aktivitas. Setiap malam, Anda melewati berbagai tahapan tidur yang bergantian dalam gelombang siklus: tidur ringan, tidur lelap dan tidur REM (Gerakan Mata Cepat).

Light Sleep、Deep Sleep and REM Sleep Tahap 1. Tidur Ringan: Saat tubuh Anda bersiap untuk tidur lelap, gerakan mata dan aktivitas otot berkurang. Jenis tidur ini membantu tubuh Anda rileks.

Tahap 2. Tidur Lelap: Selama tidur lelap, gerakan mata dan aktivitas otot benar-benar berhenti, sedangkan denyut jantung dan pernapasan Anda berjalan lambat. Tubuh Anda memasuki mode pemulihan, membangun jaringan tulang dan otot serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Tahap 3. REM Sleep: Ketika Anda meninggalkan tidur lelap, panjang setiap siklus meningkat dari periode yang lebih pendek ke periode yang lebih panjang. Tidur REM adalah saat kita bermimpi, saat otak hampir sama aktifnya dengan saat kita terjaga. Tidur REM penting untuk pembentukan memori dan untuk pemrosesan informasi.
* Beberapa perangkat tidak mendukung oksigen darah dan sensor laju pernapasan.


Bagaimana Anda dapat meningkatkan kualitas tidur?

  1. Kembangkan pola tidur yang teratur, cobalah tidur dan bangun pada waktu yang teratur.
  2. Sebelum tidur, hindari stimulan dan cobalah makan dalam jumlah sedang. Dengan cara ini Anda dapat menghindari gangguan pencernaan atau rasa lapar yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.
  3. Cobalah lakukan aktivitas fisik di malam hari. Meningkatnya perbedaan suhu tubuh Anda antara siang dan malam dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Banyak faktor lain yang dapat memengaruhi kualitas tidur, termasuk usia, lingkungan, peralihan di antara zona waktu, kualitas tidur malam sebelumnya, obat-obatan, konsumsi alkohol, dan gangguan tidur seperti hipersomnia dan sleep apnea.


Nilai tidur Anda

Garmin menilai skor tidur pengguna dengan menganalisis variabilitas detak jantung (HRV) pengguna, detak pernapasan, detak jantung, gerakan tubuh, dan waktu tidur. Jam tangan akan mendeteksi apakah pengguna dalam keadaan tidur ringan,tidur nyenyak, REM atau terjaga dan setiap Kualitas tidur setiap tahap, ditambah nilai fisiologis pengguna sepanjang hari dan data pelatihan, melakukan penghitungan kompleks untuk mendapatkan skor tidur dan memberikan komentar. Hasil penilaian secara kasar dibagi menjadi empat kategori berikut. 100 berarti pengguna tidur nyenyak, waktu tidur cukup dan sebagian besar adalah tidur restoratif, 80-99 berarti pengguna tidur nyenyak, 50-79 berarti tidur sedang, 0 -49 artinya kurang tidur. Pantau skor tidur Anda setiap hari, dan sesuaikan secara perlahan dengan kebiasaan tidur yang sehat. Disarankan untuk memakai arloji sepanjang hari agar hasil pengukuran lebih akurat.
* Fitur nilai tidur hanya mendukung fēnix 6, MARQ.

Nilai tidur Anda Nilai tidur Anda Nilai tidur Anda

Pelacakan Siklus Menstruasi

Fungsi pelacakan siklus menstruasi dapat memprediksi periode menstruasi dan ovulasi, dan juga memungkinkan Anda untuk merekam secara manual fenomena fisik yang berkaitan seperti nyeri haid atau jerawat. Pemantauan jangka panjang secara berkelanjutan dipadukan dengan fitur-fitur seperti rekomendasi nutrisi dalam aplikasi, membantu Anda lebih memahami bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap setiap tahap dalam siklus Anda dan membuat rencana berdasarkan hal tersebut.

Wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur atau yang memasuki masa menopause masih dapat mengambil manfaat dengan menggunakan fungsi ini untuk melacak kondisi fisiknya secara menyeluruh dan untuk mendapatkan informasi kesehatan.

* Perangkat dan aksesori Garmin bukanlah produk medis dan hanya digunakan sebagai rujukan. Keduanya tidak dirancang untuk mendiagnosis, mengobati, meringankan atau memprediksi penyakit atau masalah kesehatan. Sebelum menggunakannya, pengguna harus menilai konfisi fisik pribadi mereka dan meminta saran dari profesional medis.
Menstrual Cycle Tracking Pemantauan jangka panjang secara berkelanjutan dipadukan dengan fitur-fitur seperti rekomendasi nutrisi dalam aplikasi, membantu Anda lebih memahami bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap setiap tahap dalam siklus Anda dan  membuat rencana berdasarkan hal tersebut.